Kamis, 26 April 2012

CARA CETAK Voucher Bonus Uang (VBU)

  1.  Save attachment dari email adm. Program Pusat
  2.  Simpan dengan 2 Folder terpisah untuk file Excel & TXT
  3.  Buka Program VBMS - Login
  4. Sorot Menu Cabang - Sinopsis - Cari File (Folder Txt) - Import
  5. Setelah semua file txt terimport, sorot kembali Cabang - Voucher Bonus - lalu pilih Sub Menu Sinkronan yang disarankan Adm Program Pusat (biasanya Admin Pusat menyarankan mengunakan Autogenerate Voucher Bonus Uang)
  6. Setelah Jendela Auto generate terbuka, tempatkan kursor di kolom No Sinopsis lalu Tekan F5 (pencarian) dari keyboard.
  7. Filter tanggal entry File dengan cara Klik Tab Filter Centang Filter Tanggal entry sinopsis dan kosongkan centangan filter tanggal claim ke pusat. Pilih tanggal hari ini apabila file di import hari ini (tanggal file singkronan di import)
  8. Klik close tanda x di sudut kanan atas
  9. maka akan muncul semua file singkronan yang telah diimport
  10. Pilih satu per satu lalu klik tab generate
  11. Sebelum menyimpan buka kembali file excel yang telah di simpan tadi melalui explore Folder ( Klik kanan Start - Explore)
  12. cocokkan kode cust, Nama customer dan Bonus Rp Vbms dengan excel.
  13. JIka terjadi perbedaan seperti Nama customer salah atau jumlah Bonus salah maka tutuplah dulu jendela auto generate, & hubungi Adm. Program Pusat untuk menkonfirmasi kesalahan tersebut.
  14. Jika sudah benar maka klik tab simpan - ok
  15. Setelah semua File Singkronan berhasil dibuatkan No Vbms nya, tutup jendela Autogenerate Voucher Bonus Uang
  16. Langkah selanjutnya mencetak Vbu. Sorot Cabang - Voucher Bonus - Tabel
  17. Setelah jendela List Voucher Bonus terbuka tempatkan kembali kursor di kolom No Sinopsis Lakukan kembali langkah 6 - 9
  18. Pilih satu persatu setelah itu tandai bullet Voucher Bonus Uang jika yang dicetak adalah Vbu dan tandai Bullet Voucher Bonus Barang jika yang dicetak adalah VBB
  19. Setelah daftar toko muncul, ubahlah semua status kirim menjadi tunai dengan cara klik kanan pada status Kirim yang masih transfer dan pilih tunai. Sebelum mencetak vbu tersebut ada baiknya dilakukan pencocokkan kembali dengan file excelnya, karena pengalaman saya walaupun telah di cocokkan di jendela Autogenerate Voucher Bonus Uang biasanya Nama Toko Penerima Vbu berubah di jendela List Voucher Bonus ini. Oleh karena itu demi meminimalisir kesalahan tidak ada salahnya di cocokkan kembali.
  20. Setelah semuanya cocok centang semua vbu yang akan diprint di kotak putih ujung kiri
  21. Klik Tab Print
Demikian Semoga Membantu.

Rabu, 18 April 2012

LAGU ASING KEREN & BAGUS

Iseng-iseng mengganti-ganti channel tv mancanegara, ketemulah dengan penampilan seorang wanita cantik yang sedang bernyanyi di sebuah panggung yang lumayan besar. Dengan iringan kelompok orchestra yang lengkap, Sang penyanyi tampak mumpuni dalam menyanyikan lagunya yang berbahasa Italia tersebut. Aku mengetahuinya karena channelnya bernama Italy TV. Walaupun berbahasa asing dan tak ku mengerti, entah kenapa aku bisa menikmati alunan melodinya dan tak bergeser untuk memindah channel lagi. Tidak dipungkiri lagi bahwa irama lagu tersebut begitu mempesona. Seraya membatin "Irama lagu Italia begitu familiar ditelinga orang Indonesia sepertinya mereka juga akan merasakan hal yang sama ketika mendengar lagu Tanah Air sekarang ini."
Setelah beberapa saat akhirnya selesailah lagu tersebut dibawakan dan disambut gemuruh tepuk tangan para penonton. Kemudian datanglah sang host berbincang-bincang sebentar dengan wanita tersebut. Di layar kaca muncul sebuah pemberitahuan yang sering muncul di TV Indonesia untuk mendukung peserta favoritnya melalui sms lengkap dengan 4 digits nomor tujuan. Sepertinya ini adalah ajang pencarian bakat layaknya Indonesian Idol pikirku. Kemudian penyanyi kedua tampil dan tidak kalah bagusnya dengan penampil pertama begitupun dengan penampil ketiga.
Karena sudah terlanjur suka akhirnya aku mencatat nama penyanyi & judul lagunya untuk aku aku cari download-an mp3nya. Dan tahulah aku nama acara tersebut adalah Super Sanremo Music Festival 2012. Dan sepertinya ini bukan ajang pencarian bakat tetapi seperti memperebutkan penghargaan sebuah pergelaran music di Italy. Jadi pesertanya adalah artis yang sudah dikenal lalu masyarakat akan memvoting lewat sms siapa artis terfavorit menurut mereka dan berhak menyandang penghargaan Super Sanremo 2012.


Sayangnya aku tidak bisa mendapat informasi lebih lanjut lagi mengenai acara tersebut. Jangankan dalam bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggrispun tidak banyak postingan yang memuat penjelasan mengenai acara tersebut. Intinya disini adalah aku hendak berbagi informasi tentang lagu asing terutama Italia yang bagus sekali didengar. Terutama bagi kamu penyuka lagu-lagu Adele pasti bisa menikmati lagu ini. Sangat cocok didengar apalagi saat kamu lagi galau.

Jadi sok dicoba atuh, mereka adalah:

1. Arisa - La Notte



2. Noemi - Sono Solo Parole



3. Emma - Non El'inferno


Dan nampaknya pemenangnya adalah


Senin, 02 April 2012

FOTO GALAU


Bagi orang lain foto ini mungkin hanyalah foto biasa yang memperlihatkan keramaian orang-orang yang sedang berkumpul atau berolahraga di suatu alun-alun kota. Tetapi bagi aku pribadi, foto ini mengabadikan suatu momen yang tak pernah ku sangka sebelumnya.

Cerita bermula saat aku aktif di sebuah  mobile chat yang mempertemukan orang-orang di seluruh belahan dunia pada room-room chat yang mereka miliki. Hingga akhirnya aku bertemu sebuah nick yang lumayan narsis (wkwkwk). Sebut saja namanya Breeze, dia sangat percaya diri untuk mengajak user lain untuk melakukan Copy Darat. Jika aku tidak salah ingat dia mengaku cak*p (treettt), titisan dewa-dewi (*gubrak), pokoknya ya sok narsis gitulah. Karena belum kelihatan aku mah cuek aja (wkwkwk). Tetapi karena intensitas pertemuan di room chat itu cukup sering, membuat kita bisa saling mengenal satu sama lain. Cek & ricek akhirnya diketahui do'i 1 kampus dengan teman SMUku dulu.

Karena kesibukkan masing-masing akhirnya komunikasi chatting-pun tertunda berbulan-bulan lamanya.
Suatu ketika saat sedang online dengan akun facebook-ku ada invitation permintaan dari sebuah akun dengan nama yang agak familiar. Setelah mengingat sebentar akhirnya aku tau dia adalah si breeze. Invitation lengkap dengan message yang menkonfirmasi apa benar aku pemilik nick "bla bla bla" di mobile chat itu?

Akhirnya setelah sekian lama hanya berkomunikasi dengan tulisan kini aku sudah bisa melihat baru sebatas picture-nya dia. Saat itu lagu Pasto - Aku pasti kembali.mp3 sedang mengalun di ruangan tempatku duduk. Sekaligus mengukuhkan ingatanku akan moment tersebut. Aku sih tidak heran kenapa dia bisa menemukan akun facebook-ku. Seperti yang sudah kuutarakan sebelumnya bahwa teman SMUku adalah teman kampusnya dia. Suggestion dari facebook yang memunculkan namaku membuat dia bertanya ke temanku kalau aku pemilik nick "bla bla bla". Temanku meng-iyakan karena dia pernah ngobrol denganku via mobile chat itu.

Singkat cerita kita kembali hangat berngobrol ria lewat message facebook. Setelah melihat picture satu sama lain agaknya membuat kita berkomunikasi tidak se-blak-blakan layaknya via chating. Saling Jaim itu awal yang kurasakan. Apalagi ternyata perkataan do'i terbukti bahwa dia g**d l**king ( huueekk wkwkwk) Lama kelamaan do'i cerita kalau do'i suka olahraga ke alun-alun di Sunday morning dan berinisiatif mengajak ketemuan disana.

Tetapi sebelum itu terjadi ada saat dimana ex-kantorku mengisi jalan sehat minggu pagi yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat di alun-alun kota. Ada rasa penasaran tersendiri untuk menghadiri acara itu mengingat do'i kerap datang ke tempat itu di minggu pagi.

Setelah mengikuti semua acara mulai dari jalan sehat, senam aerobik, dan makan-makan aku duduk istirahat sambil ngeliatin orang-orang pada lalu lalang. Sejurus mata memandang tampaklah seseorang yang berperawakan (wkwkw bahasanya) "rasanya aku kenal" "eh bukannya dia si breeze?" wah pucuk di cinta ulampun tiba, wajahnya mirip dengan yang di foto facebook. Lagi jalan sama ga tau temannya kali. tapiiii... karena kita belum bikin janji buat ketemuan waktu itu, aku gengsi donk nyamperin duluan heheh, 

"eh kamu breeze kan?"
"Eh koq tau?"
" iya karena kamu sudah mem-breeze-kan hatiku!" (MAKSUD LOE??? HAGHAGHAG) "
"Iya aku tadi liat kamu koq wajanya sama dengan di fb ya? Jadi aku berani nyamperin eh ternyata benar.

"Oh wah kamu hapal banged wajahku ya?" (Hhuueekk)

Kebayang kan how narsisnya dia nanti. Jadi aku cukup jadi pengamat dari jauh. Lama kelamaan doi berjalan & akan segera melewati tempatku duduk. aku yakin dia gak bakal kenal aku T_T, akunya aja yang terlalu hafal fotonya T_T, dan ternyattaaaa...

Terbukti doi ga kenal gw wkwkwwk...

Doi berjalan aja lurus sambil ngobrol ama temannya.
Naluriku langsung bertindak, aku harus mengabadikan moment ini dimana aku berhasil melihat dia tapi dia ga sadar (baca: tau) aku ada di situ. Ku ambil hp &JEPPRReeettt..!!!
Jadi deh photo di atas.. :D :D :D

Wah wah ga nyangka cerita ginian aja lu publish (to myself).

Minggu-minggu kemudian akhirnya kita benar-benar ketemuan di waktu & tempat yang sama setelah tuker-tukeran no.hp.
Pertemuan-pertemuan selanjutnya aku main ke rumahnya dia, dia main ke rumahnya aku.

Kemajuan selanjutnya aku kenal teman yang bareng dia waktu jalan sehat itu. Anehnya aku kenal lama dulu ama temannya baru aku sadar kalau dia yang barengan breeze di photo itu.

Kemajuan selanjutnya pergi bareng ke pasar malam.

Lama kelamaan dia sibuk dengan aktivitas baru & karena ke-bad behaviour-ku yang aku cerita di Postingan sebelumnya akhirnya komunikasi kita merenggang & akhirnya berhenti. Tetapi aku sadar ini 80% karena atittude-ku yang buruk karena selain dia banyak pihak lain yang berakhir sama seperti ini. Jelas ini kesalahan terbesar ada dipihakku.

Satu hal yang pasti bahwa i didn't mean to hurt u, aku hanya mau kamu ngerti keadaanku. Ajari aku bersikap & bersosialisai dengan baik & benar. Tegur aku bila aku salah, bimbing aku merubah sifat-sifat buruk yang ada di diriku. & jangan pernah tinggalkan aku. Without you, i'm nothing!

#NowPlaying

♪Pasto - aku pasti kembali.mp3

To be Continued...

Published with Blogger-droid v2.0.4