Java Island Dalam Pandangan Anak Seberang

Belakangan ini aku baru mengetahui bahwa orang-orang Jawa Timur itu adalah jawa yang benar-benar jawa. Kalau anak alay bilangnya 'Jawa tingkat Dewa' hihi. Sepertinya di sinilah sari pati 'Zat Jawa' yang paling murni terkandung.


Bagi orang yang tidak tinggal di pulau Jawa & jarang ke sana, pastilah memandang orang Jawa itu sama saja. Mulai dari ujung barat Jakarta sampe ujung timur pulau jawa tetap disebut orang Jawa. Cuma karena semakin dewasa & akses informasi yang semakin mudah orang-orang semakin tahu spesifikasi dari daerah-daerah di Pulau Jawa.

Monas

Seperti Ibu Kota Jakarta walaupun berlokasi di Barat pulau Jawa tetapi penduduk aslinya disebut orang Betawi yang ternyata sama sekali berbeda dengan orang jawa. Perbedaan itu terletak dari sisi bahasa, adat & budaya. Orang-orang Betawi ini bahkan memiliki aksen yang berbeda dengan orang jawa saat berbicara dalam Bahasa Indonesia.

Orang Betawi

Merekalah pemilik asli kata 'gue' 'elu' yang disebut-sebut bahasa Gaoel getho! hehe Terus sapaan khas untuk Laki adalah 'Abang' & untuk ceweknya 'None' . Nah nantinya ini akan memperjelas Kata Sapaan yang tepat untuk setiap daerah. Kadang-kadang kita suka bingung tuh kapan kita pakai abang, akang atau mas kan?

Terus kita bergeser sedikit ke arah Timur ada yang namanya Jawa Barat. Provinsi yang beribukotakan Bandung ini ternyata disebut suku Sunda.
Gedung Sate

Bahasa & budayanya pun berbeda. Merekalah pemilik sapaan 'akang' ama 'eneng' hehe lucu ya.. Oh ya dengar-dengar pula Kota Bandung ni terkenal dengan eneng-enengya yang gelis-gelis atau cantik pisan euy! Aku sih tidak bisa memastikan cuma sampai saat ini yang ku lihat artis-artis asal Bandung memang memiliki paras yang cantik. :)

Ayo tebak siapa?


Lanjut lagi tetap ke arah Timur terdapat Provinsi Jawa Tengah. Nah di sini nih mulai terasa nuansa Jawanya. Tetapi karena belum pernah kesana aku tidak bisa menggambarkan jawa mereka itu seperti apa. Yang aku tau ibukotanya adalah Semarang, itu saja.

Dan nampaknya semakin kita ke Timur energi dari makhluk Astral ini semakin kuat (loh kok? kebanyakan nonton 'Masih Dunia Lain' sih hehe Maaf ^_^) Maksudnya semakin ke Timur Jawanya itu makin terasa kental. Hingga akhirnya sampai di Provinsi Jawa Timur anda akan berada di markas besarnya orang Jawa.
ikan Sura dan Baya (buaya)

Disinilah ibaratnya Ibu Kota bagi orang Jawa. Provinsi yang beribukota kan Kota Surabaya ini memiliki penduduk yang bisa berbahasa jawa semua. Mulai dari anak kecil hingga lansia. Katanya kalau tidak berbahasa Jawa maka dianggap tidak 'sopan'! Oleh karena itu aktivitas harian mereka selalu pakai bahasa jawa baik bekerja, bersekolah, berbelanja dan lain sebagainya. Bahkan etnis Tiong Hoa yang lahir disini langsung bisa berbahasa Jawa. Mungkin karena lingkungan yang sangat mendukung kali membuat mereka ter-influence. Ketika mereka berbicara dalam bahasa Indonesia sekalipun kita dengan mudah bisa menebaknya. Karena aksen 'British' (baca: Medo') mereka begitu kental. Merekalah pemilik asli sapaan 'Mas' untuk Laki & 'Mba' untuk pere.

Trus di Pulau Jawa ada lagi tuh namanya Suku Madura.


Meskipun lokasinya di Ujung Utara Surabaya tapi toh aksennya berbeda dengan orang Jawa. Yang aku tau Bahasa Madura mempunyai lafal sentak dan ditekan. Ta'ye ta'ye gitu. Trus sapaannya khasnya apa ya? Kacong & Cebbing bukan ya? Heheh


***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Hotter Potter Reading Event 2013] Telaah Buku Empat Harry Potter and The Goblet of Fire

CARA KELUAR KEANGGOTAAN GROUP DI FACEBOOK

[Wings #1] Telaah buku Wings (Sayap Peri) Karya Aprilynne Pike