[Meme & Giveaway April 2013] Kitab Mantra Standar Karya Miranda Goshawk

Tulisan ini dibuat dalam rangka berpartisipasi pada Hotter Potter Event Monthly Meme & Giveaway April 2013 yang diadakan oleh Surgabukuku.com

dengan Topik

Jika kamu berkesempatan mengunjungi toko buku Flourish and Blotts, buku apa yang akan kamu bawa pulang dari sana? Pilih 1 (satu) buku saja! Jangan lupa sertakan alasannya…

Waduh.. gimana nih! Ketika membaca buku Harry Potter (HP) aku tidak terlalu menaruh minat pada buku-buku di dunianya. Interestku malah tertuju pada mantra-mantranya yang ajaib. Yang aku ingat, judul-judul buku di dunia HP Lucu-lucu, seru-seru! Seperti buku muggle yang di magic-magican atau malah buku-buku magic yang dimuggle-muggle kan! Pokoknya imut-imut deh (kayak boneka aja!).

Nah.. buku-buku itu cuma disebutkan judul-judulnya doank. Bagaimana aku bisa menulis jika isinya tidak pernah dideskripsikan JK. Rowling dalam novelnya?
Nah.. jadinya bingung kan harus bilang apa. Beruntungnya ada harrypotter.wikia.com ! Di situ banyak dijabarkan tentang dunia Harry Potter termasuk buku-bukunya. (Paling tidak merekalah yang menjadi penanggung jawab dari berbagai deskripsi content buku khayal itu).


Pada akhirnya aku akan mengambil buku Book of Spells atau Kitab Mantra Standar dari rak Flourish and Blotts. Tentu saja buku ini yg paling ingin aku baca selama ini— kalau perlu aku miliki. Kamu tahu, Setelah membaca novel HP kamu pasti sudah akrab donk ya dengan mantra-mantra cute yang sering di demonstrasikan oleh para tokohnya. Seperti mantra panggil Accio! mantra terbang Wingardium Leviosa! mantra buka kunci Alohomora! mantra pingsan, mantra perintang.. mantra pelucut senjata daan mantra-mantra unyu lainnyaaa!!!

Nah.. Buku buah karya Miranda Goshawk inilah yang menjadi literatur resmi mata pelajaran mantra & guna-guna di Hogwarts itu. Semua mantra-mantra sederhana tapi useful ini ada di dalamnya.
Hhoho... aku kan jadi bisa ikut-ikutan Harry kirim-kirim bunga api, angkat-angkat barang berat, atau memperbaiki barang-barang rusak tanpa harus ke service. Semuanya semudah mengucapkan Sim Salabim!

Tapi gak ding! Ga mudah loh untuk merapal mantra-mantra itu agar bekerja sebagaimana mestinya. Semuanya butuh proses! Magic saja gak ada yang instant tapi hebatnya manusia berhasil membuat Mie Instant!
Tapi paling tidak, di buku itu semua tuntunan ritual praktek tertera dengan jelas. Cara mengucap mantranya—mulai dari artikulasi, intonasinya, cengkoknya (emangnya dangdut), panjang pendek tarikan nafas,  semuanya (i hope) dipaparkan dengan lugas dan terpercaya!

Setelah menguasai fase verbal selanjutnya kita masuk pada Body Language alias gesture tubuh.
Nah kalau merapal tuh badan musti tegap, mata memandang lurus ke object, genggaman tongkat harus yakin dan pikiran harus fokus. Jadi gak boleh tuh diambil santai, sambil makan apel, sambil cengar-cengir, sambil dengerin radio, apalagi sambil ngondek!

Keamanan para siswa dalam melakukan praktek dijelaskan pula di situ seperti keadaan lingkungan yang aman untuk praktek.
Sehingganya walau gak pernah mengenyam pendidikan di Institut Hogwarts (terhambat masalah umur) aku bisa juga tuh belajar sihir. Nah ini dia nih Daftar Isi yang ada dalam buku Book of Spells karya Miranda Goshawk:
  1. Bat-Bogey Hex : Mantra mengeluarkan kelelawar dari hidung.
    Bagus sebagai pelampiasan ketika lagi sakit hati pada seseorang (becanda ding!)

  2. Bird-Conjuring Charm :
    Itu tuh.. mantra Avis! Sangat membantu nih sebagai pengisi acara Hajatan Keluarga. Pura-puranya mau main sulap menghibur para undangan. Lalu AVIS! Segerombolan burung berwarna-warni menyembur keluar disertai dengan bunyi Pop pelan. Para penonton pun bertepuk tangan kegirangan.
    .
  3. Disarming Charm : Mantra Pelucut senjata.
    Akhirnya aku bisa juga mempelajari salah satu mantra Favorite Harry : Expelliarmus!

  4. Engorgement Charm : Mantra Pembesar.
    Ini… ini salah satu mantra imut itu. Sepertinya akan menyengangkan bisa memperbesar ukuran sebuah benda. Tapi benda apa ya..? Mungkin kupu-kupu yang melintas di taman bisa aku ubah menjadi sebesar elang. Wahh… bakal jadi tontonan masyarakat sekampung tuh! Lalu menjadi objek penelitian para ahli. Silahkan saja! Dikiranya spesies baru atau kupu-kupu yang berevolusi. HHehe Engorgio!

  5. Fire-Making Spell :
    Oh.. ini mantra favorite Hermione! Mantra pembuat api. Luar biasa.. aku bahkan bisa menghemat penggunaan korek api. Just say : Incendio!

6. Gouging Spell : Mantra menggali dan membuat lorong-lorong pada batuan padat.
Mantra ini cocok saat kita memutuskan untuk bekerja di tambang emas. Mantranya Defodio!


7. Hardening Charm : Mengubah benda menjadi batu! Mantranya Duro!
Sangat membantu saat kekurangan bahan bangunan sewaktu mendirikan rumah.


8. Impediment Jinx : adalah Mantra Perintang.

Mampu membekukan target selama kurang lebih sepuluh detik. Mungkin mau menangkap lalat atau kupu-kupu sangat efisien menggunakan mantra ini. Impedimenta!



9. Levitation Charm : Satu lagi mantra unyu… masih ingat kan pelajaran mantra kelas satu Hermione? Wingardium Leviosa! Dan bulu Ayamnya berhasil terangkat ke udara melawan gravitasi bumi. Inilah mantra menerbangkan benda. Mau pindahin kursi? Mau ngambil bola di atap rumah? Ayunkan saja tongkatmu!:)



 10. Mending Charm : Asiik.. mantra yang paling useful buat para muggle ini ternyata ada juga di buku ini. SANGAT.. SANGAT berMANFAAT! Gak perlu membalikkan waktu saat kita tak sengaja memecahkan porselen yang harganya MAHAL! Ga perlu susah-susah ke tempat service jika ada barang-barang yang rusak! Cukup lambaikan tongkatmu dan ucapkan REPARO! Maka semua barang-barang itu akan kembali ke bentuknya semula.:)


11. Patronus Charm : Gak nyangka mantra sesulit dan sehebat ini ada juga dalam buku ini. Ga semua penyihir loh bisa mengeluarkan Spirit Guardians dengan sempurna. Firasatku akan butuh waktu panjang bagiku mempelajari mantra ini. Apa ingatanku yang paling bahagia? Perasaan, lebih banyak galaunya deh daripada bahagianya!

Expecto Patronum… Expecto Patronum! Berkali-kali ku menyabet tongkatku dan hanya asap putih keperakan mendesau tak berbentuk keluar dari dalamnya.
Patronus Harry berbentuk kijang jantan

12. Reductor Curse : Mantra penyingkir benda-benda padat dengan cara menghancurkannya berkeping-keping. Juga sangat berguna bagi pekerja batu dalam menghancurkan bongkahan besar. Reducto!



Ginny mempraktekan mantra Reducto

13. Revealing Charm : Menyibak tinta kasat mata di atas kertas atau membuat benda-benda tak kelihatan memperlihatkan wujudnya. Sangat cocok untuk orang-orang yang sangat penasaran dengan sosok hantu. (emang bisa?) Aparecium mantranya!

14. Scouring Charm : Mantra yang penting sekali untuk orang-orang yang tidak punya pembokat. Membersihkan berbagai hal semudah melambaikan tangan. Mantra pembersih : Scourgify!

15. Severing Charm : Mantra Pemotong atau perobek benda. Mantra ini pertama kali ditemukan oleh penyihir penjahit untuk memotong atau menggunting pakaian dengan tepat dan akurat. Diperlukan keterampilan lambaian tongkat karena jika melesat bisa menyebabkan kematian atau cedera. Diffindo!






16. Shield Charm : Kalau di dunia muggle, mantra ini pasti akan diincar oleh para pelaku kejahatan. Karena dengan mantra Perisai, timah padat yang keluar dari selongsong pistol polisi tidak akan mampu mengenai mereka. Bahkan bagi yang ahli, peluru itu malah memantul balik ke arah polisi. Protego!

17. Shrinking Charm : Ini adalah kontra mantra Engorgio! Mengembalikan objek yang terkena pengaruh engorgio kembali ke ukuran semula. Reducio!
18. Stunning Spell : Stupefy! Pasti kenal kan sama mantra ini? Mantra yang menjadi salah satu favorite Harry ini ada juga ternyata di buku ini. Mantra pembuat pingsan!
19. Summoning Charm : Inilah mantra paling unyu untuk orang lazy likes me! Terasa berat untuk bangkit ambil remote tv! Juga mantra Favorite untuk orang ceroboh lalai just likes me also.
Ga perlu lagi teriak-teriak “Ma.. kunci lemariku dimana ya?” “Ka.. Charger HPku kok ga ada di meja belajar?”
Cukup angkat tongkatmu dan teriakkan “Accio Kunci!” “Accio Charger!” maka benda benda kebutuhanmu akan meluncur keluar dari tempat persembunyian menuju ke arahmu.
20. Unlocking Charm : Siapa yang tidak kenal mantra Alohomora! Mampu membuka kunci mekanik yang tidak terlindungi sihir. Terkenal sebagai mantra sahabat pencuri!:) 
21. Wand-Lighting Charm : sangat useful saat listrik padam. Yup dialah mantra Lumos! Dan tongkat kita sekarang berperan sebagai lampu kecil yang berpendar di tengah kegelapan.
Harry dan mantra Lumos

22. Water-Making Spell : Seperti namanya mantra ini dapat mengeluarkan air dari ujung tongkat. Air bersih yang dapat diminum. HHaha produk air minum mineral siap-siap gulung tikar nih. Aguamenti!
Sekarang? Kamu pasti setuju bukan buku ini sangatlah mempesona? Jadi kalau disuruh pilih satu dari sekian buku yang ada di Flourish and Blotts, Book of Spells karya Miranda Goshawk tidak akan mengecewakan.

Daftar Bacaan:

1. Book of Spells - HarryPotter.Wikia.Com

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Hotter Potter Reading Event 2013] Telaah Buku Empat Harry Potter and The Goblet of Fire

[Hotter Potter Reading Event 2013] Telaah Buku Satu Harry Potter and The Sorcerer's Stone