[Hotter Potter Reading Event 2013] Telaah Buku Satu Harry Potter and The Sorcerer's Stone




Awalnya pada akhir desember 2012 kemarin aku memang tengah menyibukkan diri membaca kembali Cerita Harry Potter (HP). Keinginan ini muncul begitu saja saat aku sedang tidak lagi sibuk & ebook Harry Potter 2 yg baru saja aku download. hingga secara tidak sengaja aku menemukan Hotter Potter event ini, tidak ada salahnya aku ikutan. Toh aku memang bermaksud menghabiskan ke 7 buku HP saat ini.

Teringat pertama kali mengenal cerita "mengagumkan" ini sekitar kelas 1 SMP dulu (2002) . Kakak perempuanku membawa buku HP & Sorcerer's Stone dari rumah sepupu bertepatan Hari Libur Musim Panas (ciee) maksudku libur panjang menjelang bulan Ramadhan & Idul Fitri.

"Hei lihat, ini buku yg terkenal banget di Inggris itu loh! Harry Potter si penyihir!" kata kakakku sambil memperlihatkan sampul buku kecoklatan itu.
Kuperhatikan gambarnya, judulnya, eh iya sepertinya pernah aku lihat. tapi di mana? oh di TVRI saat aku masih kelas 5 SD (2000) ada seorang wanita yang diwawancara (ternyata dia JK. Rowling) sambil memegang buku ini. Tajuk beritanya mengatakan bahwa itu buku terkenal & terlaris di seantaro Inggris bahkan mulai merambah ke seluruh dunia. Menceritakan tentang seorang anak penyihir bernama Harry Potter bla.. bla..!
"coba lihat!" kuambil buku itu dari tangan kakak. sampulnya halus karena dilapisi semacam plastik tipis. Kertas halaman-halamanya pun tebal & agak berwarna kuning kecoklatan mirip buku tua yg mengesankan sebuah buku sihir.
 "kelihatannya mahal ya" gumamku
 "iyalah harganya seratusan ribu lebih" jawab kakak
ha? untuk potongan sepertiku uang segitu bisa aku beli bermacam-macam barang daripada hanya sebuah buku cerita. Sepertinya aku tidak bisa berharap banyak bisa membeli buku-bukunya.
"aku juga mau baca donk, nanti gantian ya" pelasku pada kakak.
 "nanti kalau udah capek baca, baru boleh kamu pinjam"

Huuu... ga papa deh! daripada ga baca sama sekali.
Singkat cerita aku berhasil juga menyelami buku itu. Belum pernah aku membaca buku cerita setebal & setegang itu. Entah kenapa ketika aku membacanya, di otakku layaknya menonton televisi. Setiap bagian yang dideskripsikan JK Rowling membentuk gambar nyata di dalam otakku. Kalau bukan karena mataku yang capek rasanya aku ingin menghabiskannya dalam sekali duduk. 
Luar biasa buku setebal itu bisa aku habiskan dalam waktu yang tidak begitu lama. Padahal sebelumnya aku tidak pernah membaca buku cerita tebal-tebal yang isinya tulisan semua.
Bahkan selama liburan aku membacanya sebanyak dua kali! Tak disangsikan lagi, begitu masuk sekolah di otakku sudah penuh dengan dunia magic buatan tante Rowling. 
Aku ingat benar bagaimana aku bercerita kepada teman-teman tentang serunya liburanku karena membaca buku HP dan mulai mengandai-andai sekolah ini adalah Hogwarts.
Bangunan-bangunan sekolah kuanggap kastil, pelajaran biologi kuanggap Ramuan, kepala sekolah yang memberikan amanat saat upacara bendera kuanggap Dumbledore

 pelajaran olahraga kubilang Quidditich.
Semua itu terjadi tidak lepas dari kepiawaian JK Rowling merajut kisah Fiksi ini ke dalam buku-bukunya. Walaupun bertema magic, fantasi, tetapi tidak membuat ceritanya kacangan atau kekanak-kanakan. Mari kita telaah sedikit buku Hp pertama ini yang berjudul 

Harry Potter and the Sorcerer’s Stone 

Harry Potter dan Batu Bertuah 


Jadi satu buku menceritakan pengalaman Harry Potter selama satu tahun bersekolah di sekolah sihir Hogwarts.
Buku 1 ini bagi aku pribadi sudah semacam buku pengantar ke dalam dunia sihir ala Jk. Rowling. Jangan kuatir kalau kita benar-benar buta tentang dunia sihir karena si tokoh utamanya Harry Potter juga sama awamnya dengan pembaca. Oleh karenanya membuat kita seolah-olah ikut terlibat dalam petualangan si tokoh utama. 
Tante Rowling rupanya tahu betul bagaimana memperkenalkan dunia magicnya secara halus, bertahap, & masuk akal melalui buku pertama ini. 
  1. Gifted or Talented

Cerita dibuka dengan pengenalan tokoh utama yang bersetting lingkungan manusia biasa seperti kita. Kehidupan si anak yatim piatu berumur 11 Tahun Di Privet Drive, Inggris ini sungguh memprihatinkan bagaimana dia hidup di lingkungan tante & pamannya yang sangat pilih kasih terhadap anak kandungnya Dudley kepada Harry. Perangai Dudley pun tidak kalah jahatnya seperti orang tuanya, dia bersama gengnya kerap menjadikan Harry bulan-bulanan mereka sebagai objek kemarahan & kenakalan.
Entah aku harus melibatkan Tuhan dalam hal ini atau tidak, bahwa ternyata nasib memilukan Harry ini rupanya diimbangi dengan talent ajaib yang dianugerahkan kepada Harry.
Saat rambutnya yang agak awut-awutan dipotong pendek oleh Petunia (Tante Harry) tumbuh kembali hanya dalam waktu semalam karena Harry cemas bakal diledekkin teman-temannya di sekolah. Saat dia bersembunyi dari kejaran Dudley & Geng untuk dipukuli, tiba-tiba dia sudah berada di atap sekolah tanpa dia tahu bagaimana ini bisa terjadi. Begitu pula saat dia diajak bertamasya ke kebun binatang, diluar dugaan dia bisa mengerti (berkomunikasi) dengan seekor ular Boa Pembelit dan membebaskannya secara tidak sengaja karena si Boa ingin pulang ke kampung halamannya di Brazil.


Rupanya gifted atau talent ajaib ini menjadi alasan mengapa tiba-tiba dia mendapat surat invitation dari sekolah sihir Hogwarts yang memberitahukan bahwa dia telah terdaftar sebagai salah satu murid yang akan mengikuti tahun ajaran baru di sekolah sihir paling ngetop di dunia itu. 
Hal ini sekaligus menutup case dari pertanyaan mengapa selama ini kita tidak pernah mendapat atau melihat anak di kehidupan nyata menerima surat invitation ini? Sebagai manusia normal tentu gifted atau bakat alam seperti itu hanyalah mimpi, jadi kita tidak perlu lagi mencari-cari celah untuk membuktikan kebenaran cerita Rowling.

2. Magic Spot

 Lalu dimanakah letak komunitas sihir ini berada? Karena selama ini kita tidak pernah melihatnya bukan? JK. Rowling mulai menjawabnya perlahan dari hal kecil yaitu saat Harry akan membeli keperluan sekolahnya yang tidak biasa.
Untuk memasuki “pasar” sihir Diagon Alley yang berlokasi di London rupanya melalui tempat yang tidak terduga. Adalah “Leaky Couldron” sebuah tempat minum kecil & kotor (dari deskripsinya saja sudah mengesankan keengganan manusia untuk mampir) yang berada di antara toko buku besar dan toko musik besar. Jangan bilang bahwa Leaky Couldron hanya bisa dilihat oleh komunitas sihir karena ini jelas sesuatu yang kekanak-kanakkan & akan mengurangi nilai cerita itu sendiri. Baiknya kita mengatakan bahwa saking kecil & kusamnya tempat ini sehingga orang-orang tidak terlalu memperhatikannya karena Toko Buku besar & toko music yang mewah telah menarik perhatian orang-orang biasa.
Didalam bar inilah letak gerbang menuju pusat market sihir Diagon Alley. Dinding belakang bar baru akan terbuka menjadi gerbang melalui perlakuan khusus. Trik yang hanya diketahui oleh orang-orang "one of  them” seperti menghitung batu bata di tembok ke atas dua kesamping tiga lalu mengetuknya dengan tongkat sihir. Wah-wah Tante Rowling benar-benar menutup akses kita untuk membuktikan ceritanya ya.

Tapi tetap seru, mari kita lanjut…
Masih tentang tempat komunitas ini, kira-kira dimana & bagaimana Harry bisa mencapai sekolah asing itu ya? Ternyata untuk mengaksesnya masih dalam tahap normal kok,
Bukan berarti kita langsung diberi sapur terbang atau dijemput dengan permadani terbang, bukan atau lebih tepatnya belum. Ingat! JK. Rowling berusaha membuat ceritanya terkesan nyata tapi menutup akses kita membuktikannya. Kita bisa menuju Hogwarts dengan menaiki kereta api! Walaupun berada di stasiun King’s Cross London, peron untuk menaiki Hogwarts Express ternyata incredible! Peron Sembilan tiga per empat! Ok cara masuknya cukup menabrak palang pembatas antara peron Sembilan dan sepuluh. Jangan takut tertabrak atau ragu-ragu karena sesungguhnya kita akan menembus palang itu bagaikan menembus angin. Setelah melewatinya barulah kelihatan Hogwarts Express berwarna merah dengan komunitas sihir yang lalu lalang di dalamnya. Sampai disini masih masuk akal.
Tapi pernyataan tidak ada yang menyaksikan one of them menembus palang rasanya kurang bisa diterima. Di stasiun King’s Cross tentunya dipenuhi muggle lalu lalang yang akan menaiki kereta biasa. Tidak mungkin dalam berbagai sudut stasiun tidak ada seorangpun yang sempat memandang pembatas? Tapi tunggu dulu, Mug.. apa? Ya Muggle adalah istilah yang diciptakan tante Rowling, yang dipakai oleh komunitas sihir untuk menyebut orang-orang non sihir seperti kita, yang tidak ada bakat-bakatnya melakukan sihir & tidak pula mengetahui keberadaan mereka. 
Atau karena belum pernah ke sana jadi imajinasiku tidak bisa sampai pada ide Rowling menutup akses pembuktian yang ini. Tapi tetap masih lemah menurutku (maaf!)

3. Witches

Selama ini kita mengenal sihir sebagai sesuatu yang jahat (dan kenyataannya memang begitu). Cerita dongeng anak selalu melekatkan sihir pada sosok nenek jelek berhidung bengkok, berjubah hitam dengan topi kerucut berujung runcing. Ia juga membawa sapu yang bisa terbang sebagai alat transportasinya dan tidak lupa sebatang tongkat sihir sakti yang mampu mewujudkan mantranya.

Berabad-abad lamanya sosok ini menjadi ikon untuk menggambarkan sosok penyihir. Entah bagaimana sejarahnya tetapi JK Rowling dengan kreatifnya memanfaatkan image yang telah melekat pada masyarakat ini untuk memperkuat cerita novelnya sehingga terkesan real! Hal ini bisa kita lihat pada perlengkapan sekolah Harry yang harus dibeli 

Seragam : Jubah hitam, topi kerucut (hitam) 
 Peralatan: tongkat sihir, Sapu terbang (hanya boleh dimiliki saat kelas dua) 

Dari informasi tersebut JK Rowling seakan-akan memberi jawaban bahwa penyihir memang menggunakan perangkat seperti itu baik penyihir jahat maupun baik (Di cerita HP sihir ada yang baik). Sehingga pembaca menjadi terarah pada sebuah asumsi bahwa bisa jadi seorang muggle pada sebuah masa silam telah melihat seorang penyihir Hogwarts dengan atribut lengkap terbang melintas dengan sapu terbang lalu ia menulis pengalamannya itu pada catatan-catatan sejarah. How amazing Rowling Idea! ;) 


THE CHARMING OF MAGICAL WORLD


Pasti yang belum membaca buku Hp bertanya-tanya kenapa sih orang-orang suka dengan cerita khayal ini? Kalau aku menjawabnya karena di dalam sini terdapat berbagai macam hal baru yang aneh tapi menarik yang tidak kita temukan di kehidupan nyata. Semuanya bisa kamu ketahui dengan membacanya sendiri. Berikut beberapa yang bisa aku tulis.

1. Kacang Segala Rasa Bartie Bot

Makanan aneh yang menarik karena dalam satu kemasan bisa memiliki berbagai macam rasa. Ga tanggung-tanggung rasanya tidak terpaku pada rasa makanan seperti strawberi, caramel, cabe melainkan rasa muntah, kotoran telinga,rasa setan (macam mana pula rasa setan ni) and any disgusting taste tersedia. Jadi semacam mempertaruhkan keberuntungan saja. Makanan ini dijual di dalam Kompartemen Kereta Api tapi tersedia pula di market-market sihir. Selain Kacang Bartie Bot ada pula snack lain seperti Permen Karet Tiup Paling Hebat Drooble, Pastel Labu, Bolu Kuali, Tongkat Likor & Coklat Kodok. Untuk yang terakhir ini ada bonus kartu bergambar Tokoh Sihir hebat sepanjang Masa yang gambarnya bergerak-gerak (semua gambar di dunia sihir bisa bergerak-gerak).

2. Hogwarts

 

Ini adalah sekolah sihir yang dikatakan paling ngetop & popular di dunia. Bangunannya berupa kastil yang berumur ratusan tahun dan terdapat menara-menara tinggi. Di dalamnya terdapat ruangan-ruangan yang umum ditemui di sekolah-sekolah seperti Aula besar, kelas, ruang guru, asrama, ruang penjaga sekolah dll. Hal yang membedakan adalah berbagai perlakuan sihir yang disematkan pada sekolah ini seperti langit-langit aula yang disihir menyerupai langit asli di luar kastil, tangga-tangga penghubung antar lantai yang selalu berubah-rubah kedudukan, pintu yang tidak bisa membuka karena ternyata hanyalah dinding yang berpura-pura jadi pintu (whats?) dan masih banyak lagi.
Hal yang paling menarik menurutku adalah penyelenggaraan sistem persekolahannya. Asrama siswa yang disediakan untuk siswa dibagi dalam 4 kategori besar. Tiap Asrama ini selain menjadi tempat tinggal, sekaligus menjadi ikonik para siswa selama 7 tahun bersekolah di Hogwarts. Penentuan asrama mana diputuskan oleh sebuah Topi Seleksi yang bisa bicara dengan membaca karaktermu ketika mengenakannya.
Empat macam Asrama Hogwarts adalah: 
  •  Gryffindor

Tempat berkumpul mereka yang berhati berani, jujur, ulet dan berjiwa kepahlawanan. Asrama ini menjadikan singa sebagai binatang identitasnya. Dan warna merah & emas sebagai warna kebanggaan.
  •  Hufflepuff 

Tempat mereka yang adil dan setia, sabar, loyal dan suka bekerja keras. Binatang identitasnya adalah Luak dengan warna kuning & hitam sebagai warna kebanggaan.
  • Ravenclaw 

Tempat berkumpul mereka yang pintar, cerdas, bijak, mau belajar dan cendekia. Lambang asramanya adalah Elang dan menggunakan warna biru dan perunggu sebagai warna kebanggaan.
Asrama Terakhir
  • Slytherin

Kalau menurutku sih asrama antagonis

Mari lihat karakternya Berisi orang-orang licik yang sanggup menggunakan segala cara untuk mendapatkan kepuasan pribadi. Hmm.. Binatang Identitas adalah ular & warna kebanggaan adalah hijau & perak.
Nah kira-kira Harry Potter masuk ke kategori mana ya? Penasaran? Baca sendiri aja deh biar lebih seru! Hehe Kalau bisa berandai-andai kira-kira kamu bakal masuk asrama mana ya? Kalau ditanya aku pribadi memang akan cenderung ke Gryffindor karena selalu menghasilkan penyihir-penyihir hebat tapi aku tidak akan kaget jika Topi Seleksi nanti meneriakkan Ravenclaw ketika aku mengikuti seleksi.



3. Quidditich

Jika di sekolah kita ada pelajaran olahraga, maka di Hogwarts ada pelajaran sapu terbang. Jika di dunia muggle ada sepak bola, maka di dunia sihir ada Quidditch. Quidditch adalah semacam olahraga favorite di dunia sihir. Dimainkan dengan menaikki sapu terbang dengan 7 pemain tiap regu.
3 diantaranya dinamakan Chaser (pengejar) bertugas mencetak angka dengan memasukkan bola Quaffle ke gawang lawan. Adapun gawangnya berupa 3 lingkaran besar yang terpancang pada tiang-tiang yang kokoh. Tiang-tiang ini mengingatkan kita pada batang plastic kecil yang dimainkan anak-anak untuk membuat gelembung sabun.
1 orang sebagai keeper, menjaga lingkaran agar tidak kemasukan gol.
2 orang Beater (pemukul) bertugas melindungi pemain dari serangan bola Bludger & malah sebaliknya memukul balik bola tsb untuk menjatuhkan pemain lawan.
Dan yang terakhir 1 orang seeker (pencari) bertugas mencari bola snitch untuk mengakhiri pertandingan & mendapat tambahan skor sebanyak 150 poin.
Lalu bagaimanakah cara memainkannya?
Intinya ada 4 bola dilibatkan disini & kesemuanya bisa terbang melayang di udara.
1 bola merah bernama Quaffle digunakan sebagai pencetak skor. 10 angka jika berhasil di masukkan ke lingkaran lawan.


2 bola berwarna hitam bernama Bludger. Dipukul Beater untuk menyerang pemain lawan agar terjatuh.
Dan 1 bola kecil berwarna emas dan bersayap bernama Snitch. Pergerakan snitch sangat lincah dan harus ditangkap oleh Seeker untuk mengakhiri pertandingan & mendapat tambahan skor sebanyak 150 poin & hampir bisa dipastikan selalu memenangkan pertandingan.


4. Mythical Creatures


Ada 4 makhluk mitologi popular yang muncul di buku pertama ini:
  • Phoenix 

Burung mitologi yang legendaris ini muncul belum secara fisik, tetapi telah disebut sebagai salah satu bahan pembuatan tongkat sihir yakni bulu ekor Phoenix.
  • Dragon

Siapa sih yang tidak kenal makhluk reptile berukuran raksasa ini? Kemunculannya sudah dalam bentuk fisik, yakni dalam bentuk telur hingga menjadi bayi saat Hagrid si penjaga Satwa Liar Hogwarts berusaha memeliharanya.
  • Unicorn

Makhluk menyerupai kuda berwarna putih keperakan dengan satu tanduk spiral di kepalanya ini muncul sudah dalam bentuk fisik. Walaupun dalam keadaan mati di dalam Hutan Terlarang dekat kastil Hogwarts.
  • Centaurus

Hmm ini nih yang paling bikin aku ber-wow saat pertama baca buku ini. Pertama kali melihat makhluk ini di film Xena Woman Warrior waktu SD, dan saat itupun sudah bikin aku excited banget! Jadi tambah suka deh sama cerita HP karena ada makhluk ini. Dari kepala sampai pinggang, manusia, tapi dari pinggang ke bawah berbentuk kuda. Dialah Centaurus. Hidup di dalam Hutan Terlarang dekat kastil Hogwarts

PLOT

Lalu bagaimana & apa itu Batu Bertuah? Jika sudah mulai membahas tentang ini maka kita sudah masuk pada ranah plot. Sayangnya aku bukan orang yang suka menuliskan plot sebuah cerita, selain karena bisa menjadi spoiler juga karena cerita HP ini sudah bukan hal baru lagi.Terkesan basi jika aku harus menceritakannya kembali bahkan ke 8 filmnya saja telah rampung dibuat.

Tapi jika kamu bersikeras pengen baca plotnya, langsung saja menuju TKP.
Nah bagi yang sudah membaca bukunya berikut ini ada beberapa bagian yang sedikit menggelitik dan bagi yang bisa menjelaskan kenapa, boleh dong dibagi di kolom comment.
  1. Aku bertanya-tanya dalam hati, naik apakah keluarga Dursley meninggalkan pondok batu karang di tengah laut? Saat perahunya sudah dipakai Hagrid & Harry lebih dulu untuk membeli keperluan sekolah Harry.
  2. Detensi yang kurang wajar dibuat oleh Mc Gonnagal untuk menghukum Harry dkk di dalam Hutan Terlarang. Aku pikir berjalan di dalam hutan jauh lebih berbahaya daripada berkeliaran di dalam sekolah di malam hari. Jika sesutau yang berbahaya terjadi akankah ia bisa bertanggung jawab? Kalau luka mungkin bisa disembuhkan Madam Pomfrey tapi kalau nyawa yang terenggut?
  3. Untuk apa sih Hermione meletakkan api birunya ke dalam botol kecil setelah membakar jubah Snape di pertandingan Quidditch? Bukankah dia bisa membuatnya setiap saat? Seperti ketika berada di rintangan Jerat Setan, bukankah dia bisa membuatnya lagi?
  4. Yang terakhir adalah kemampuan Harry dkk dalam menganalisa & menyimpulkan setiap serpihan petunjuk yang merujuk pada batu bertuah, menurutku unbelievable, mengingat umur mereka baru 11 tahun. Kalau aku mah di umur segitu lebih prefer ke yang happy-happy daripada mengurusi hal-hal serius melebihi otak orang dewasa. 

SPELLING...........!!!!!

Berikut daftar mantra yang muncul di buku 1 (satu):
  1. Alohomora = membuka pintu yang terkunci (arahkan ke arah lubang kuncinya)
  2. Wingardium Leviosa = mantra menerbangkan benda
  3. Locomotor Mortis = Kutukan kaki terkunci, membuat kaki lawan terkunci saling menempel satu sama lain.
  4. Petrificus Totalus = Kutukan ikat tubuh sempurna, membuat tubuh lawan menjadi kaku & hanya bola mata yang bisa digerakkan. 
Happy trying!, kali aja di kamu berhasil!


DAFTAR BACAAN

1. Wikipedia
2. Phoenix by aatblog
3. Naga Wiki
4. Unicorn Wiki  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Hotter Potter Reading Event 2013] Telaah Buku Empat Harry Potter and The Goblet of Fire

CARA KELUAR KEANGGOTAAN GROUP DI FACEBOOK

[Wings #1] Telaah buku Wings (Sayap Peri) Karya Aprilynne Pike