[Meme & Giveaway January 2013] Menjadi Guru Hogwarts

Tulisan ini dibuat dalam rangka berpartisipasi dalam Hotter Potter Event Monthly Meme & Giveaway January 2013 yang diadakan oleh Surgabukuku.com

dengan Topik

jika kamu menjadi salah satu guru di Hogwarts, kamu ingin menjadi siapa? Alasannya?



Sebenarnya pertanyaannya bukan menjadi siapa tetapi menjadi guru apa? Karena jelas aku tidak akan mau menjadi siapa-siapa, aku ingin menjadi diri aku sendiri. 

Nah menilik mata pelajaran yang ada di Hogwarts sebenarnya semua menarik & ajaib. Walaupun ada beberapa yang digambarkan membosankan oleh JK. Rowling & itu sudah cukup untuk membuatku menolak mendalami mata pelajaran itu.
Jika disuruh memilih menjadi salah satu guru Hogwarts maka pilihanku jatuh pada guru pelajaran ramuan. Wah Jika mendengar pelajaran ini tentunya pikiran kita langsung tertuju pada seorang profesor yang berwajah dingin, senyuman sinis & senantiasa bersikap benci kepada Harry Potter yang tak lain & tak bukan dialah Profesor Severus Snape. Terlepas dari pengajarnnya yang antagonis di awal cerita, ada beberapa alasan mengapa aku memilihnya.


Pertama karena pelajaran ramuan adalah pelajaran yang paling rasional dari semua mata pelajaran yang ada di Hogwarts. Pelajaran ini adalah yang paling bisa dipelajari karena semua hal yang kita butuhkan & yang harus kita lakukan semuanya sudah tertera dengan jelas di dalam buku-buku panduannya.
Kita tidak perlu dipusingkan dengan pemusatan perhatian yang mendalam atau membangkitkan emosi kebahagiaan yang kadang-kadang sangat susah untuk diyakini apakah sudah berada pada taraf yang tepat atau belum. Seperti pada pelajaran-pelajaran Pertahanan terhadap ilmu hitam kita harus berupaya untuk memunculkan imajinasi konyol untuk dapat menghadapi bogart atau mengingat kejadian yang membahagiakan untuk dapat melepaskan Patronus. Kesemuanya itu tentu tidak dapat diukur dengan pasti & biasanya tercipta secara alamiah oleh bakat alam. 
Patronus

Lain halnya dengan pelajaran Ramuan, pelajaran ini adalah pelajaran yang paling mirip dengan pelajaran muggle (biologi & kimia). Kita mengerjakannya dengan tuntunan buku-buku resep, menimbang takarannya sesuai porsi, mengaduknya dengan arah yang benar, urut-urutan bahan yang harus dimasukkan semuanya jelas & pasti. Oleh karenanya pelajaran ini mencakup hampir semua aspek pemelajaran seperti berpikir, menghafal, ketelitian, keakuratan & kesabaran. Kelalaian-kelalaian kecil yang kita perbuat bisa berakibat fatal bagi diri sendiri maupun orang lain. Kesalahan urutan, takaran, arah adukan yang tidak sesuai prosedur bisa menyebabkan berbagai hal yang tidak menyenangkan bahkan berbahaya seperti meledaknya kuali, khasiat ramuan menjadi sesat, menyebabkan bisulan dan lain sebagainya.

Walaupun demikian bukan berarti kita belajar secara kaku & monoton. Membuat ramuan ternyata membuat kita seperti seorang penemu. Meskipun suatu ramuan sudah berhasil dibuat oleh pendahulu, kita tetap masih bisa melakukan kreasi maupun variasi demi mencapai kesempurnaan ramuan baik dari segi efektivitas waktu pembuatan, pengurangan efek samping yang ditimbulkan, maupun penguatan khasiat dari ramuan itu sendiri.

Akan tetapi kita tetap harus mengutamakan kehati-hatian & keselamatan kerja dalam melakukan variasi tersebut. Bukan tidak mungkin pada percobaan-percobaan awal kita mengalami kegagalan yang bisa bersifat merugikan.


Kedua, Pelajaran ramuan juga merupakan pelajaran yang multitasking, maksudnya pelajaran ini juga selalu terhubung erat dengan mata pelajaran lain sebagai contoh: 
Untuk membuat sebuah ramuan kita membutuhkan berbagai macam bahan yang diambil dari bagian-bagian tanaman gaib maupun satwa gaib. Dengan demikian secara otomatis menghubungkan kita dengan pelajaran Herbologi & satwa gaib. Kita juga akan menggunakan spelling & ayunan tongkat untuk membersihkan sisa-sisa pekerjaan ataupun menghilangkan tumpahan akibat kesalahan. Dan ini secara jelas dapat kita praktekkan pula dalam pelajaran transfigurasi serta jimat & guna-guna
Kemudian ada beberapa ramuan yang hanya manjur jika dibuat tepat pada malam bulan purnama atau ketika planet mars berada pada posisi paling dekat dengan bumi yang kesemuanya itu tentu tidak lepas dari pelajaran Astronomi & ramalan


Oleh sebab itu untuk mengajar ramuan diperlukan seorang guru yang smart, teliti, berwawasan luas & mungkin saja tidak banyak omong. 

Alasan terakhirku adalah karena menguasai ramuan berarti kita telah menggenggam hampir separuh manfaat sihir. Mengingat begitu banyaknya ramuan beserta khasiatnya membuat kita berada pada taraf pertahanan sihir yang cukup tinggi & juga pengaplikasian sihir yang beragam. 
Berbagai macam penyakit yang ditimbulkan oleh sihir hitam dapat disembuhkan dengan ramuan yang tepat. Seperti Mandrake Draught (cairan Mandrake) untuk menyembuhkan orang yang membeku bukan karena kedinginan melainkan karena terkena sihir hitam. Ketika dalam kondisi yang mendesak berbagai macam jenis ramuan dapat pula menjadi jalan keluar untuk pemecahan permasalahan. Contohnya ramuan Polijus yang dapat mengubah peminumnya berubah menjadi sama persis dengan orang yang ditiru dengan hanya berbekal sehelai rambutnya. Atau ramuan Veritaserum yang ampuh membuat peminumnya mengungkap kebenaran sekalipun itu adalah rahasia terbesarnya.
Love Potion

Walaupun banyak manfaat dari ramuan-ramuan ini akan tetapi ada pula beberapa jenis ramuan yang juga bersifat merugikan seperti ramuan cinta (Amortentia) yang digunakan untuk memikat target kekasih agar jatuh cinta kepada kita secara sihir dan bukan karena cinta sejati ataupun ramuan Felix Felicis yang memunculkan keberuntungan secara sihir sehingga dengan kata lain memaksa takdir untuk memihak kepada kita dalam hal keberuntungan kepada peminumnya, sungguh sangat tidak sportif bukan? Oleh karena itu diperlukan sikap kebijaksanaan & hati-hati untuk menjadi seorang yang ahli dalam bidang ramuan terlebih-lebih menjadi seorang guru. 

Oh ya.. barangkali hal yang perlu aku lakukan kali ini adalah membuat ramuan Felix Felicis yang sempurna lalu meminumnya menjelang tanggal pengumuman, siapa sih yang tidak mau membawa pulang giveaway nya yang unyu-unyu?



***
Daftar bacaan 

Macam - Macam Ramuan

Komentar

  1. Setuju gan, pelajaran ramuan memang merupakan pelajaran elit di dunia Sihir..

    BalasHapus
  2. Satu lagi post meme yang detail banget, keren! Aku juga suka banget sama Severus Snape.
    Makasih partisipasinya & good luck yah!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Meme & Giveaway April 2013] Kitab Mantra Standar Karya Miranda Goshawk

[Wings #1] Telaah buku Wings (Sayap Peri) Karya Aprilynne Pike

CARA KELUAR KEANGGOTAAN GROUP DI FACEBOOK