A M B U L A N C E|E C N A L U B M A



Kira-kira semenjak SMU kelas 1, saat sebuah mobil ambulance melintas di depanku. Aku sedikit mengerrnyitkan dahi membaca tulisan stiker AMBULANCE besar-besar di atas kaca depan mobil tersebut. Tulisan itu sangat tidak lazim karena di tulis secara terbalik dan setelah sekian lama barulah ku sadari pula bahwa huruf-hurufnya pun menjadi terbalik layaknya kita membaca lewat cermin.

Aku yang saat itu masih sangat lugu & unyu-unyu tidak paham maksud penulisan janggal tersebut. Sempat pula terbesit untuk bertanya pada guru di sekolah tetapi entah kenapa selalu terlupakan. Mungkin pula karena pikiranku terkosentrasi pada pelajaran-pelajaran dan ulangan-ulangan membuat masalah “kecil” tersebut terlupakan.

Masa-masa sekolahku itu adalah masa transisi teknologi perkomputeran & internet. Komputer sudah ada tapi Jarang, mahal! Apalagi internet sungguh tidak tersentuh olehku. Sehingga untuk menggoogling mencari informasi tentang keunikan tulisan ambulance pun tak pernah terpikir.

Tahun berganti tahun, hingga aku lulus dari SMU sama sekali belum kudapat jawabannya. Akupun sebenarnya tidak terlalu memperdulikan. Tetapi kedewasaan usia rupanya mengubah pola pikir kita. Dengan sendirinya otak kita mencari sendiri kemungkinan alasan itu. Otak menghubungkan berbagai macam informasi yang telah kita terima untuk mencapai kesimpulan yang logis. Tanpa perlu menggunakan jasa Google, kucoba merunutkan berbagai informasi di bawah ini.
  1. Tulisan itu menyerupai tulisan ketika dibaca melalui cermin.
  2. Ambulance membawa mayat atau orang sakit, yang sangat mendesak untuk sampai di tempat tujuan agar cepat mendapat pertolongan pertama. Itulah mengapa ambulance di sertai sirene yang sudah terdengar dari jauh agar kendaraan-kendaraan segera menepi memberi jalan.
 Lalu apa hubungannya dengan tulisan terbalik itu?

Oh.. sepertinya aku telah menemukannya. Bukankah di setiap kendaraan baik roda dua maupun empat terdapat kaca spion? Kaca tersebut digunakan untuk melihat keadaan jalan di belakang?

Dalam rangka mendukung ketergesaan mobil ambulance, tulisan terbalik ambulance akan sangat jelas terbaca melalui kaca spion. Dan kitapun akan segera menepi, sepertinya hanyalah mempertegas, setelah bunyi sirenenya yang keras.

Well, jadi kesimpulannya tulisan itu bukan ditujukkan untuk kita yang ada dipinggir jalan. Tetapi kepada pengendara di depan yang melihat keadaan jalan belakang melalu kaca spion, agar bisa segera menepi memberi jalan mobil ambulance yang membawa mayat ataupun orang sakit.


***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Meme & Giveaway April 2013] Kitab Mantra Standar Karya Miranda Goshawk

[Wings #1] Telaah buku Wings (Sayap Peri) Karya Aprilynne Pike

CARA KELUAR KEANGGOTAAN GROUP DI FACEBOOK