Sabtu, 23 Maret 2013

[Meme & Giveaway March 2013] Makhluk Ajaib Nan Eksotic : Centaurus

Tulisan ini dibuat dalam rangka berpartisipasi pada Hotter Potter Event Monthly Meme & Giveaway Maret 2013 yang diadakan oleh Surgabukuku.com

 dengan Topik

 Dari semua makhluk/hewan ajaib yang ada di buku Harry Potter, apa yang paling ingin kamu jumpai di dunia nyata? Jangan lupa alasannya!


Pertanyaan ini cukup mudah bagiku. Sudah sejak masa kanak-kanak dulu, Makhluk aneh nan ajaib itu telah mempesonaku kira-kira 14 tahun yang lalu. Aku ingat benar saat itu segala hal berbau fantasi sangat menyita perhatianku sebagai anak yang haus akan imajinasi tinggi. Saat itu Harry Potter belum masuk dalam kehidupanku. Film Fantasi yang kerap disuguhkan stasiun tv berjenis Cerita mitologi Yunani yang terkenal seperti Hercules, Conan & Xena Woman Warrior. Aku bercerita Film fantasi yang diperankan oleh aktor manusia bukan animasi sehingga Doraemon, Dragon ball ataupun Ninja Hatori tidak termasuk hitungan walaupun sudah sangat terkenal pada masa itu.

Aku masih ingat samar-samar iklan Hercules menampilkan berbagai pertarungan yang seru seperti melawan raksasa. Kemudian Xena dengan Cakram Hebatnya yang selalu kembali kemanapun arahnya dilempar. Walaupun masih kecil aku tetap bisa memprediksi bahwa cakram besi bulat tajam itu tidak akan bisa berperilaku demikian di kehidupan nyata. Hal ini ajaib! Sekali lagi keajaiban membuatku tergiur untuk menontonnya.

Cerita Hercules & Xena semakin menggila begitu petualangannya mempertemukan dengan makhluk-makhluk aneh di luar logika. Salah satunya adalah makhluk hasil perpaduan manusia dengan kuda. Dari kepala sampai pinggul; manusia, sedangkan dari pinggul ke bawah adalah kuda. Aku yang masih lugu tentu dibuat terkagum-kagum. Pada akhirnya Harry Potter hadir menyuguhkan ide cerita yang sangat menarik ditambah dengan kemunculan makhluk ini di Hutan Terlarang, Dari sinilah kuketahui mereka disebut Centaurus.


Meski aku yakin tidak akan bisa bertemu centaurus di kehidupan nyata tetapi rasanya makhluk ini begitu terkenal. Lihat saja berbagai film fiksi ilmiah kerap menghadirkan mereka seakan-akan mereka memang pernah ada di muka bumi ini sebut saja Hercules, Xena, Percy Jackson, Narnia, Harry Potter dan lain-lain.

Usus punya usut ternyata mereka adalah salah satu makhluk mitologi Yunani yang dipercaya pernah hidup di dunia. Kebudayaan Yunani Kuno memang sangat terkenal karena imajinasi mereka yang tinggi dalam menghadirkan “religiusitas” pada masa itu melalui rekaan-rekaan makhluk imajinatif. Centaurus sendiri dipercaya berasal dari keturunan Ixion; manusia biasa penguasa Thessaly. Hasil perselingkuhannya dengan Dewi Hera  — Istri Zeus. Zeus yang cemburu atas “hubungan gelap” ini kemudian menciptakan kembaran Dewi Hera dari gumpalan awan dan menamainya Nephele. Suatu ketika Ixion berhubungan badan dengan Nephele karena mengira ia adalah Dewi Hera . Nephele akhirnya mengandung dan lahirlah anak mereka yang setengah manusia dan setengah kuda. Kemudian menamainya centaurus.

Pada sumber lain keturunan centarurus terbagi dua yakni Sagittarius dan Kemantoridas. Sagittarius adalah centaur Jantan yang memiliki kebiasaan berburu, nomaden dan sangat ahli dalam ilmu perbintangan. Sedangkan Kemantoridas adalah centaur betina yang berbanding terbalik dengan sifat Sagittarius. Kemantoridas lebih suka menetap, bercocok tanam dan mempertahankan wilayah kehidupannya dari bangsa lain.

Bagiku makhluk ini sungguh indah. Bisa aku bayangkan ketika ku dizinkan menaiki punggungnya dan membawaku berlari menyusuri belantara hutan. Ku peluk erat-erat tubuhnya berusaha menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh dari hentakan-hentakan larinya. Setelah cukup lama berlari sampailah kami di sebuah tebing. Di depan sana terhampar lautan luas dan sinar jingga matahari sore menghangatkan wajah.

Sang Centaurus kemudian kembali bergerak mengambil jalan ke pinggir tebing, ternyata terdapat tangga batu alam yang mengarah ke bawah. Aku tertawa geli terguncang-guncang ketika kaki-kaki Centaurus menapaki tiap undakan batu tersebut. Tidak berapa lama kini kami sudah berada di bawah, Centaurus mempercepat larinya menuju bibir pantai berpasir putih. Kini tiupan angin pantai membelai wajahku, kami tertawa kegirangan. Ku dengar bunyi cipratan air laut saat kami berada sangat dekat dengan tepi laut. Tidak tahan menyaksikan keindahan laut, akupun melompat turun dan mulai bermain air.

Sungguh pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan. Sebagai wujud rasa terima kasihku kuhadiahkan dia berbagai barang-barang muggle, seperti T-Shirt bertuliskan namaku, shampoo biar rambutnya tidak bau, sekaligus membersihkan bulu-bulu di tubuh kudanya. Tidak lupa juga deodorant & parfum hahaha. Bisa kupastikan dia Centaurus paling wangi se hutan terlarang.

Tanpa terasa matahari hampir terbenam di ufuk barat. Dia mengatakan harus segera kembali ke hutan, dia ingin memetakan bintang baru malam itu. Dasar pengamat bintang yang fanatik!
Daftar Bacaan

1. Centaurs, Manusia Setengah Kuda dalam Mitologi Yunani Kuno - NyitNyit.Net
2. Bangsa Centaur - subalasubulu.com

1 komentar:

  1. Yang aku kagumi dari Centaurus (di cerita Harry Potter) bahwa mereka itu intelegensianya tinggi tapi mereka nggak menyombongkan hal itu. Tapi aku juga gak suka eksklusivitas mereka *nahloh*

    BalasHapus