[Hotter Potter Reading Event 2013] Telaah Buku Tiga Harry Potter and The Prisoner of Azkaban

Belum pernah aku se-panas ini ketika membaca perlakuan kasar keluarga Dursley pada Harry. Berbagai macam siksaan yang dialaminya selama 2 tahun terakhir memang menyakitkan tapi tidak membuatku sampai naik pitam seperti ini.  Parahnya lagi pribadi yang tidak terpuji ini datangnya bukan dari para anggota keluarga se atap, tapi saudara jauh Paman Vernon yang datang menginap dari kampung, —Bibi Marge.

Sungguh akupun ikut tersinggung bagaimana Harry dan Keturunannya dikata-katain setara dengan anjing kotor! Anak siapa yang tidak marah jika kedua orang tuanya diumpamakan induk anjing kelas rendah yang tidak beres menghasilkan keturunannya —Harry—yang  ikut-ikutan tidak beres?

Sudah sepantasnya jika akhirnya Bibi Marge harus mengalami kejadian mengerikan, tubuhnya menggelembung seperti balon, massa tubuh seperti meninggalkannya sehingga dia melayang perlahan-perlahan naik terus ke atas. Mengangkat apa saja yang turut menahannya. Semoga saja Bibi Marge bisa menyadari kesalahannya melalui kejadian ini.

Harry Potter and The Prisoner of Azkaban

Harry Potter dan Tawanan Azkaban



Harry Potter  and the Prisoner of Azkaban (Tawanan Azkaban) adalah buku ke tiga dari Harry Potter series sekaligus berisi petualangan di tahun ketiganya di sekolah sihir Hogwarts. Pertama kali mendengar kata Azkaban, aku memikirkan nama-nama Negara di kawasan Timur Tengah yang berbau Arab seperti Uzbekistan, Kazakstan, dan lain-lain. Tapi apakah memang ada hubungannya kata ‘Azkaban’ dengan Arab?

Hal yang paling mendekati dan tampak berkaitan yaitu nama benteng-benteng besar kuno peninggalan Islam yang ada di Negara-negara Peradaban Islam. Salah satunya berada di Granada Spanyol di kawasan istana Alhambra. Benteng-benteng militer ini disebut Alcazaba. Jika Azkaban adalah penjara, bukankah penjara ibarat benteng-benteng kokoh yang mengurung tawanan-tawanannya?

Mungkinkah JK. Rowling melakukan permainan Anagram lagi untuk menamakan penjara sihirnya ini?

Di buku 3 ini pula Piala dunia Quidditch, Cho Chang, Cedric Diggory telah disebut-sebut. Mungkin sebagai pengantar untuk buku ke empatnya. Dan cara ini sudah terjadi sebelumnya untuk buku ke duanya, karena penjara Azkaban telah di sebut-sebut terlebih dahulu sebelum masuk buku ketiga.

Kemudian bagian yang paling special menurutku, yang membedakan dengan buku-bukunya yang lain adalah kemunculan time turner (pembalik waktu) yang sungguh mengesankan. Aku benar-benar tidak menyangka jika Cerita Harry Potter akan benar-benar kompleks sebagai dunia fantasi. Dengan membaca kesemua itu lewat buku ke tiga ini, cukup membuatku mengakui cerita Harry Potter benar-benar dibuat oleh "otak" cerdas yang terencana. Lewat buku ke tiga ini pulalah aku dibuat mati penasaran menunggu kejutan-kejutan apalagi yang ditawarkan JK Rowling dibuku-bukunya selanjutnya.

THE CHARMING OF MAGICAL WORLD


Beberapa point baru kembali disuguhkan JK Rowling untuk mengesankan pembacanya. Bagi yang belum baca bukunya, sebaiknya tidak membuka bagian yang ter-hide di spoiler karena mengurangi esensi cerita yang dibangun JK Rowling. Diantranya adalah:

1.    Bus ksatria (Knight Bus)


Bus Ksatria atau Knight Bus adalah transportasi darurat untuk para penyihir yang tersesat. Bus ini bersifat gaib, dan itu artinya hanya bisa dilihat oleh komunitas penyihir, tidak untuk para muggle. Bus ini bertingkat tiga mirip bus-bus bertingkat pada umumnya. Yang membedakan adalah interiornya yang tidak lazim, alih-alih berisi bangku-bangku penumpang, didalamnya malah dipenuhi rak-rak tempat tidur. Tingkat kecepatan larinya pun sangat tinggi bahkan terkesan ugal-ugalan. Melihat kondisi demikian, bagaimana bisa penumpang tidur pada rak-rak tersebut jika harus terguncang-guncang oleh kecepatan yang tidak normal.

Ada yang menarik dari karakteristik bus ini jika melewati jalur melenceng di jalan raya. Dikatakan bahwa deretan lampu jalanan, boks surat, dan tempat sampah melompat menghindar ketika bus mendekat, dan kembali ke posisi masing-masing setelah bus lewat. Sungguh aku tertawa geli, bagaimana mungkin seorang JK. Rowling yang begitu jenius bisa se-dangkal ini dalam menggambarkan bus ksatria. Orang bodohpun tahu, lampu jalan, boks surat, dan tempat sampah tidak pernah berpindah, bahkan bergerak sedikitpun tidak.  Ide seperti ini bisanya muncul untuk karangan-karangan anak TK. Hahaha

Beruntung produser film tidak sedangkal ini dalam mewujudkannya ke dalam film. Mereka mengubah sifat bus ksatria, alih-alih membuat boks surat meloncat, mereka membuat bus bersifat kenyal sehingga bisa melewati celah dua mobil di depan yang menghalangi jalan. Menurutku inilah yang lebih masuk akal dan berkelas. Andai bisa mengedit, kurasa JK Rowling akan mengikuti ide film untuk novel ke tiganya ini.


2. Dementor

Kemunculan Sosok dementor ini dibuat secara misterius di awalnya, itulah sebabnya ku membuatnya di dalam spoiler. Pertama kali membaca dementor, hal pertama yang langsung terbesit adalah sosok malaikat pencabut nyawa ala Haloween —Grim Reaper— sosok berkerudung hitam yang selalu membawa sabit besar. Post spoiler Bedanya Dementor ini tidak membawa sabit besar seperti itu, mereka terbang dan senjata mereka adalah kemampuan menghisap kebahagiaan dari manusia lewat mulut. Para dementor inilah para penjaga Azkaban, penjara khusus penyihir. Ibarat polisi mereka berperan menangkap bahkan menyiksa para penjahat. Tapi sayangnya, mereka tidak bisa membedakan target dengan pengganggu. Jika seseorang dirasa mengganggu penangkapan penjahat maka bersiaplah disedot jiwanya oleh dementor sekalipun kamu anak baik-baik. Dementor ini hanya dapat diusir dengan mantra Patronus. Post spoiler

3.    Hippogriff


Satu lagi makhluk fiktif buah karya JK. Rowling dan Lagi-lagi memadukan dua makhluk berbeda menjadi satu untuk menciptakan makhluk baru. Allah memang satu-satu creator di dunia ini, sekeras apapun manusia berpikir kita hanya tetap bisa memadukan yang sudah ada. Kali ini Rowling memadukan burung elang dengan Kuda untuk mewujudkan Hippogriff.


Dari Kepala hingga sayapnya adalah elang, tetapi dari pertengahan tubuh ke belakang berwujud kuda. Satu hal yang khas dari Hippogriff adalah sifatnya yang “angkuh” mengharuskan kita untuk “rukuk” kepadanya dahulu sebelum bisa berteman dengannya. Seperti namanya Hippo atau Hyper yang artinya berlebihan. Setelah dibalas dengan anggukkannya yang khas barulah kita bisa menyentuh bahkan menungganginya. Itulah tanda dia mengizinkan kita. Jika belum, jangan berani dekat-dekat bisa diserangnya nanti. Inilah yang membuatku kurang “sreg” dengan Hippogrif. Sebagai muslim kita dilarang membungkuk kepada sesama manusia apalagi binatang. Jadi lebih memilih tidak berteman dengan Hippogriff aja deh! hhehe

4.    Boggart


Boggart adalah si pengubah bentuk, dia bisa berubah bentuk menjadi apa saja yang dia pikir  paling menakutkan bagi kita. Boggart menyukai tempat tertutup dan gelap. Sampai sekarangpun tak ada seorangpun yang tahu bentuk boggart yang asli itu seperti apa.
Yang paling lucu dari cerita boggart adalah saat ujian akhir sekolah, bagaimana bogart Hermione membuatku terpingkal-pingkal. Begitu Hermione berlari keluar kelas sambil histeris keras, kirain Boggart Hermione menjadi wujud makhluk yang sangat menyeramkan. Tapi setelah diselidiki ternyata boggart itu berubah menjadi  Profesor Mc Gonnagal yang mengatakan seluruh ujian Hermione tidak lulus! Hhaha.. rupanya itu adalah ketakutannya yang terdalam.


PRISONER OF AZKABAN 

Berikut sekilas sinopsis Harry Potter and The Prisoner of Azkaban:

Seorang tawanan yang bernama Sirius Black berhasil lolos dari penjara sihir Azkaban. Padahal sebelumnya belum ada satu orangpun yang pernah berhasil keluar dari penjara tersebut. Ini dikarenakan penjara sihir Azkaban adalah penjara yang sangat mengerikan tanpa belas kasihan serta dijaga ketat oleh makhluk-makhluk menyeramkan nan kejam bernama dementor.
Sirius Black sendiri dikenal sebagai tangan kanan Voldemort —penyihir hitam— pembunuh orang tua Harry Potter. Itulah mengapa banyak yang menganggap sihir hitam Sirius yang sangat tinggi membuatnya bisa berhasil menaklukkan berbagai tingkat pengamanan penjara.
Ketika masih dalam penjara, Sirius sering mengigau dalam tidurnya dan berkata "Dia di Hogwarts.. Dia di Hogwarts..."
Banyak yang berpendapat "dia" yang dimaksud adalah Harry Potter yang memang pada saat itu sedang bersekolah di Hogwarts. Dia kembali untuk menuntaskan pekerjaan tuannya Voldemort yang gagal dalam upaya membunuh Harry Potter. Akhirnya berbagai pengamanan pun dilakukan termasuk menempatkan para dementor pada tiap-tiap pintu masuk area sekolah Harry —Hogwarts.
Berhasilkah para kementrian sihir menangkap kembali Sirius Black? Apakah Sirius malah berhasil menemukkan Harry? Dan mungkinkah Harry menaruh dendam kepadanya atas kematian orang tuanya yang telah lalu?
Segera temukan jawabannya dalam buku ke tiga Harry Potter and The Prisoner of Azkaban.


SPELLING...........!!!!!


Berikut daftar mantra yang muncul di buku 3 (tiga) tapi tidak muncul di buku 1 & 2 :

  1. Waddiwasi = Mantra pelontar benda.
  2. Riddikulus = Mantra untuk menghadapi Boggart.
  3. Impervius = Membuat permukaan obyek menjadi anti air.
  4. Dissendium = Membuka pintu-pintu rahasia.
  5. Mobiliarbus = Memindahkan benda-benda diam.
  6. Expecto Patronum = Mantra Anti-Dementor.
  7. Nox = Mematikan lampu yang diciptakan mantra Lumos.
  8. Ferula = Mengeluarkan perban dari tongkat sihir.
  9. Mobilicorpus = Mengangkat & memindahkan tubuh manusia.
Nah.. mantra-mantra sebelumnya sudah pernah ada yang berhasil belum? Kalau belum, kamu mungkin mencobanya tanpa tongkat sihir. Jangan lupa TONG-KAT- SI-HIR!!!


Daftar Bacaan:

1. Daftar Mantra - Wingardium Leviosa.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Meme & Giveaway April 2013] Kitab Mantra Standar Karya Miranda Goshawk

[Wings #1] Telaah buku Wings (Sayap Peri) Karya Aprilynne Pike

CARA KELUAR KEANGGOTAAN GROUP DI FACEBOOK